Search

Home / Aktual / Sosial Budaya

Pasangan Lansia Dapat Bantuan Ngrombo Pemprov Bali

Editor   |    10 April 2024    |   20:19:00 WITA

Pasangan Lansia Dapat Bantuan Ngrombo Pemprov Bali
Sekda Dewa Indra saat menyerahkan bantuan kepada pasangan lansia Pekak Kontit dan Odah Kunter, Rabu (10/4/2024) di Karangasem. (foto/adhy)

KARANGASEM, PODIUMNEWS.com – Pasangan lanjut usia (lansia) asal Karangasem, Pekak Kontit (70) dan Odah Kunter (66) menerima saluran bantuan warga kurang mampu dari Pemprov Bali.

Program bantuan itu bagian dari aksi ngrombo atau gotong-royong Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfos), Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA), Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kesbangpol Provinsi Bali.

Program bertajuk  `Pemprov Bali Hadir` ini diserahkan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra kepada kepada pasangan lansia warga Banjar (Br) Dinas Bantas, Desa Baturinggit, Karangasem tersebut, Rabu (10/4/2024) di Karangasem.

Bantuan diserahkan berupa pakaian layak, selimut, sembako, peralatan dapur serta tempat penyimpanan air (ember tertutup) karena mereka mengambil air sangat jauh, dan diserahkan dalam bentuk uang tunai.

Pasangan lansia ini memiliki empat anak yang tinggal di desa lain, namun keduanya lebih memilih tetap tinggal di lokasi terpencil dan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Terlihat dari keseharian mereka, hanya Pekak Kontit yang tetap beraktivitas dengan beternak sapi.

Lokasi rumahnya yang jauh dari sumber mata air, mengharuskan Pekak Kuntit mencari air ratusan meter ke bawah, dan menggunakan kuda. Apabila musim penghujan tiba, pasutri ini dapat menampung air dan disimpan ke dalam kendi, yang nampak sudah kusam dan jauh dari kata bersih.

Pada kesempatan itu, Sekda Dewa Indra menjelaskan pentingnya pemerintah hadir turun untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat.

"Penting bagi kita semua untuk turun dan mengunjungi warga kurang mampu dan membutuhkan perhatian, agar kita semua tahu bahwa masih banyak yang harus dibantu," ujarnya.

Selanjutnya, Sekda Dewa Indra melakukan peletakan batu pertama bantuan bedah rumah kepada Wayan Buda warga Banjar Dinas Beluhu Kangin, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Perbekel Desa Tulamben Nyoman Pica mewakili keluarga Wayan Buda pantas mendapatkan bantuan mengingat kondisi perekonomian keluarganya yang kurang mampu sebagai buruh serabutan.

"Sebelumnya ia (Wayan Buda) tinggal di kebun. Kesehariannya sebagai buruh serabutan. Bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi warga kami ini," jelasnya.

Ia berharap, ke depan program seperti ini bisa terus dilanjutkan mengingat masih banyak warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan. (adhy/suteja)

 

 


Baca juga: Ditagih Janji Pemerintah Atasi Ginjal Akut Anak