Search

Home / Aktual / Pemerintahan

Badung Bentuk Relawan Pemadam Kebakaran

Editor   |    17 April 2024    |   17:52:00 WITA

Badung Bentuk Relawan Pemadam Kebakaran
Wabup Suiasa membuka pelatihan relawan pemadam kebakaran, Rabu (17/4/2024) di Mangupura. (foto/adi)

MANGUPURA, PODIUMNEWS.com – Pemkab Badung membentuk relawan pemadam kebakaran (redkar) sebagai upaya kesiapsiagaan wilayah terhadap bahaya kebakaran yang terjadi.

Redkar yang nantinya bertugas mensosialisasikan tentang teknik dan keterampilan penanganan kebakaran di tiap-tiap desa ini mengikuti pelatihan, pada Rabu (17/4/2024) di Mangupura.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan, Wakil Bupati (Wabup) Badung Ketut Suiasa mengatakan pembentukan relawan ini penting untuk memberikan proteksi keselamatan terhadap masyarakat dalam penanggulangan bencana khususnya resiko kebakaran.

“Karena kita tahu resiko kebakaran tidak semata-mata resiko kehilangan harta benda, namun yang lebih fatal lagi pada resiko kematian," ujar Wabup Suiasa.

Dikatakan lebih lanjut, akibat dari bencana kebakaran akan menimbulkan trauma terhadap korban. Maka kewajiban pemerintah memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Kita menyadari, untuk mewujudkan itu semua pemerintah tidak bisa sendiri, perlu ada sinergi, ada kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kebakaran dan Penyelamatan Badung Wayan Wirya menyebutkan pelatihan Redkar ini diikuti peserta berasal dari lima kecamatan, kecuali Petang. Karena Petang telah melaksanakan kegiatan serupa pada tahun 2023 lalu.

"Diharapkan melalui kegiatan ini akan terbentuknya satuan masyarakat  yang terampil dalam mengantisipasi bahaya kebakaran dini di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," ujarnya. (adi/suteja)

 

 

 

 

 

 

 


Baca juga: Jangan Sepelekan, Isu Rabies Sensitif terhadap Pariwisata